5 Adab Masuk dan Keluar Masjid

by | Oct 10, 2023 | Info

Masjid merupakan tempat suci yang kerap disebut sebagai rumah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di dalamnya terdapat umat Islam yang menunaikan berbagai ibadah, seperti salat, tadarus, itikaf, dan lain sebagainya. Sebagai tempat ibadah, tentulah ada sejumlah adab yang harus diperhatikan kaum muslimin. Termasuk ketika masuk dan keluar masjid. Adab diartikan sebagai perilaku mulia. Ahli bahasa mendefinisikan adab sebagai kepandaian dan ketepatan mengurus segala sesuatu.

Memenjaga adab masuk masjid merupakan salah satu cara memaksimalkan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala serta meraih keberkahan di dalamnya. Jika tidak ada adab dan kebaikan di dalam masjid, pelakunya akan diganjar dosa yang berlipat.

Lantas, seperti apa adab keluar dan masuk masjid yang harus diperhatikan?

5 Adab Masuk dan Keluar Masjid bagi Kaum Muslimin

  1. Berniat yang Benar

Adab yang pertama ialah berniat yang benar. Ketika hendak masuk masjid niatkan untuk mencari ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala dan meraih balasan serta pahala melalui ibadah yang akan dilakukan.

  1. Masuk dengan Mendahulukan Kaki Kanan

Ketika memasuki masjid, dahulukan kaki kanan. Hal ini merujuk pada anjuran umum untuk mendahulukan sebelah kanan dalam segala sesuatu yang baik sebagaimana diriwayatkan oleh Aisyah RA, ia berkata:

“Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam amat menyukai memulai dengan kanan dalam mengenakan sandal, menyisir rambut, bersuci dan dalam urusannya yang penting semuanya.” (Muttafaqun ‘alaih)

  1. Membaca Dzikir dan Sholawat

Hendaknya seorang muslim berzikir dan membaca sholawat ketika memasuki masjid. Dalam sebuah hadits, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Jika salah seorang di antara kamu masuk masjid, maka ucapkanlah sholawat atas nabi dan membaca: “Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu.”

  1. Mengerjakan Salat Tahiyatul Masjid

Salat tahiyatul masjid adalah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dalam sabdanya beliau berkata,

“Jika salah seorang dari kalian memasuki masjid, maka janganlah dia duduk sampai dia mengerjakan salat sunnah dua rakaat (salat sunnah tahiyatul masjid).” (HR Bukhari dan Muslim)

  1. Keluar Masjid Mendahulukan Kaki Kiri

Jika ketika masuk dianjurkan menggunakan kaki kanan, maka saat keluar masjid gunakanlah kaki kiri. Masjid merupakan tempat yang paling suci dibanding tempat lainnya. Karena itu, saat keluar masjid maka seseorang berpindah dari tempat suci ke tempat yang kurang kesuciannya sehingga dianjurkan menggunakan kaki kiri.

Bacaan Doa Masuk Masjid yang Bisa Diamalkan

Saat masuk masjid, ada sebuah doa yang dapat diamalkan. Berikut bacaannya yang dikutip dari buku Zikir dan Doa Penghuni Surga oleh Supriyadi.

اللَّهُمَّ افْتَحْ لي أبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Arab latin: Allahummaftha lii abwaaba rahmatik

Artinya: “Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.” (HR Muslim)

Astra Website Security
×