9 Keistimewaan Masjid Nabawi

by | May 11, 2023 | Info

Masjid Nabawi di Madinah adalah salah satu kuil menakjubkan yang sangat dihormati oleh umat Muslim di seluruh dunia. Ada banyak hal menarik yang tersembunyi di balik keindahannya. Salah satu masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW adalah Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Masjid ini, setelah Masjidil Haram di Mekkah, merupakan yang terbesar kedua di dunia, seperti yang diketahui banyak orang. Orang-orang yang ingin berziarah ke makam Nabi Muhammad dan para sahabatnya dapat melakukannya dengan pergi ke tempat ibadah tersebut.

Ada Informasi lain yang membuat masjid ini unik selain dua hal tersebut.

  1. Faktor unta dan Nabi Muhammad

Nabawi dulunya adalah sebidang tanah kosong yang luas dengan sejumlah pohon kurma yang tumbuh di atasnya sebelum menjadi masjid. Ketika Nabi pertama kali tiba di Madinah dengan untanya, ia berhenti di lokasi di mana masjid ini sedang dibangun.

  1. Pernah mengalami kerusakan akibat kebakaran

Masjid Nabawi terbakar beberapa ratus tahun setelah dibangun. Atap, pilar-pilar masjid, dan dinding pembatas makam Nabi Muhammad SAW semuanya hancur akibat kobaran api. Namun, para pemimpin negara Muslim kemudian dengan cepat memperbaiki bangunan suci tersebut.

  1. Lokasi pertama di Jazirah Arab yang dialiri listrik

Masjid Nabawi adalah bangunan pertama di Jazirah Arab yang mendapatkan aliran listrik saat pertama kali diperkenalkan oleh Kekaisaran Ottoman. Sekitar tahun 1909, lampu-lampu masjid ini dinyalakan.

  1. Ukuran masjid ini kini telah melampaui kota bersejarah Madinah.

Masjid Nabawi pada awalnya dibangun dengan ukuran sekitar 50 meter kali 50 meter. Namun, masjid ini terus diperbesar seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya jumlah jamaah. Lebih dari 100.000 meter persegi saat ini tercakup di dalamnya. Masjid Nabawi sendiri telah berkembang secara signifikan sejak masa-masa awal Madinah. Ukuran Makam Baqi, yang konon berada di pinggiran Madinah pada masa Nabi, namun saat ini terletak di dekat Masjid Nabawi.

  1. Area Nabi berisi sebuah makam kosong.

Telah lama dikabarkan bahwa Nabi Muhammad dan para sahabatnya dimakamkan di dekat sebuah makam kosong. Informasi bahwa Nabi Isa AS benar-benar siap untuk kuburan kosong masih belum jelas.

  1. Kubah masjid ini pernah berwarna ungu.

Sekitar 150 tahun yang lalu, kubah Masjid Nabawi yang terkenal itu diberi warna ungu. Warna ungu dipilih karena, menurut laporan, orang-orang Arab di wilayah Hijaz lebih menyukainya.

  1. Memiliki tiga mihrab

Imam memimpin salat dari mihrab, yang merupakan ciri khas masjid. Masjid biasanya hanya memiliki satu mihrab, tapi tidak di Nabawi. Tiga mihrab dapat ditemukan di sana. Imam saat ini memimpin salat berjamaah dari salah satu mihrab. Suleymaniye, mihrab lainnya, dibangun atas arahan Sultan Sulaiman agar Imam Hanafi dapat memimpin salat. Nabi sering duduk di mihrab lainnya, yang merupakan mihrab untuk imam Maliki, untuk memimpin salat.

  1. Istanbul kini memiliki isi barang dari Kamar Fatimah.

Sebelumnya, barang-barang milik Nabi Muhammad SAW disimpan di Kamar Fatimah. Ketika Madinah dihancurkan selama Perang Dunia I, para wazir Ottoman memutuskan untuk mengirimkan barang-barang tersebut ke Istanbul. Saat ini, lengkungan dari Kamar Fatimah dapat dilihat di Museum Topkapi Istanbul, Turki.

  1. Banyak Tandra Rasasia

Ternyata, beberapa sisi Masjid Nabawi memiliki tanda rahasia. Beberapa pilar secara khusus ditempatkan untuk menyampaikan pentingnya lokasi tersebut di era sebelumnya ketika lokasi tersebut disebutkan. Ada banyak orang yang tidak menyadari hal ini.

Astra Website Security
×