Allah Sebaik-baik Penolong dan Pelindung

by | Nov 7, 2023 | Info

Seorang muslim yang beriman tidak boleh berputus asa sebab Allah sebaik-baik penolong dan pelindung. Apabila kita tidak bisa lagi menahan suatu cobaan lagi, maka pasrahkan saja semua kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sebaik-baik pengatur.

Putus asa adalah keadaan di mana seseorang berpikir sudah tidak ada harapan lagi terhadap apa yang hendak dicapainya atau keadaan yang sedang menimpanya. Sifat putus asa sudah semestinya tidak ada pada diri seorang muslim. Sebab Allah Subhanahu wa Ta’ala sendiri melarang hal tersebut dalam surah Yusuf ayat 87 yang berbunyi,

يٰبَنِيَّ اذْهَبُوْا فَتَحَسَّسُوْا مِنْ يُّوْسُفَ وَاَخِيْهِ وَلَا تَا۟يْـَٔسُوْا مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ ۗاِنَّهٗ لَا يَا۟يْـَٔسُ مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ اِلَّا الْقَوْمُ الْكٰفِرُوْنَ ٨٧

Terjemahan: Wahai anak-anakku, pergi dan carilah berita tentang Yusuf beserta saudaranya. Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tidak ada yang berputus asa dari rahmat Allah, kecuali kaum yang kafir.”

Lalu apa yang harus dilakukan oleh seorang muslim ketika merasa putus asa?

Jauh dari Sifat Putus Asa sebab Allah Sebaik Baik Penolong dan Pelindung

Ketika diri ini sudah dilanda kesedihan, kekhawatiran, ketakutan, atau keputusasaan, maka yang harus diyakini adalah Allah sebaik-baik penolong dan pelindung. Manusia memang tak pernah luput dari masalah hidup baik kecil maupun besar. Tak jarang, banyak orang yang akhirnya putus asa bahkan hingga mengakhiri diri sendiri. Namun, masalah hidup tidak seharusnya dihindari tapi harus dihadapi. Dalam hal ini, orang beriman diperintahkan untuk bersandar kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala lewat zikir dan doa.

Salah satu zikir itu adalah “hasbunallah wa nikmal wakil” yang artinya “cukuplah Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai penolong bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.”

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam surah Ali-Imran ayat 173 yang berbunyi,

… وَّقَالُوْا حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Terjemahan: … dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.”

Zikir inilah yang dapat menyelamatkan Nabi Ibrahim AS ketika berada dalam kobaran api yang menyala-nyala. Beliau percaya bahwa hanya Allah sebaik-baik penolong dan pelindung.

Oleh sebab itu, orang-orang mukmin juga diperintahkan untuk selalu menanamkan zikir ini di dalam hati bahwa tidak ada penolong dan pelindung terbaik yang lain selain Allah Subhanahu wa Ta’ala agar selalu terhindar dari sifat putus asa.

Muslimin wajib percaya kalau Allah Subhanahu wa Ta’ala pasti akan menolong dan melindungi diri ini dari hal-hal buruk dan menakdirkan hanya hal baik. Mungkin kebaikan itu bisa didapat di dunia, atau Insyaallah pasti akan didapat di akhirat.

Pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala bagi hambanya yang sabar dan tidak putus asa itu sangat dekat. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 214 yang berbunyi,

اَمْ حَسِبْتُمْ اَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَّثَلُ الَّذِيْنَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ ۗ مَسَّتْهُمُ الْبَأْسَاۤءُ وَالضَّرَّاۤءُ وَزُلْزِلُوْا حَتّٰى يَقُوْلَ الرَّسُوْلُ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗ مَتٰى نَصْرُ اللّٰهِ ۗ اَلَآ اِنَّ نَصْرَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ

Terjemahan: Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan, dan diguncang (dengan berbagai cobaan) sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.

Astra Website Security
×