Apa Saja Amalan-amalan Ringan yang Pahalanya Besar?

by | Oct 7, 2023 | Info

Islam mengajarkan umatnya amalan-amalan baik dalam beribadah. Amalan yang dilakukan tidak harus besar, bahkan yang ringan sekalipun mengandung pahala. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah mengatakan, ada dua kalimat sebagai amalan ringan tapi memberatkan timbangan pahala. Dua kalimat yang dimaksud adalah lafaz tasbih yang disertai dengan tahmid sebagaimana dijelaskan dalam Kitab Riyadhus Shalihin Imam An-Nawawi.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Ada dua kalimat, yang ringan di lisan tetapi berat dalam timbangan dan dicintai oleh ar-Rahman, ‘ Subhanallah wa bi hamdih (Mahasuci Allah dan Segala puji hanya bagiNya)’, dan ‘Subhanallahil ‘azhim (Mahasuci Allah yang Maha Agung).”

Selain dua kalimat tersebut, ada juga amalan lainnya yang dinilai ringan namun berpahala besar. Apa saja?

Deretan Amalan Ringan yang Berpahala Besar

  1. Mengucap Basmalah Sebelum Melakukan Sesuatu

Membaca basmalah sebelum mengerjakan aktivitas termasuk ke dalam amalan ringan yang besar pahalanya. Dikatakan dalam buku 200 Amal Saleh Berpahala Dahsyat susunan Abdillah F Hasan, mengucap basmalah menjadi sesuatu yang dianjurkan.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam sebuah hadits bersabda,

“Setiap amalan yang terdapat kepentingan di dalamnya jika tidak dimulai dengan (menebut) nama Allah maka terputus (keberkahannya).” (HR Abu Daud dan Nasa’i)

  1. Tidur dalam Keadaan Suci

Islam menjunjung tinggi nilai kebersihan. Karenanya, kaum muslimin dituntut untuk selalu suci dalam beribadah, beraktivitas, maupun istirahat seperti tidur.

Tidur menjadi nikmat besar yang Allah Subhanahu wa Ta’ala anugerahkan kepada hamba-Nya. Karenanya, kaum muslimin disunnahkan bersuci sebelum tidur.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” (QS Ar Rum: 23)

  1. Mendengarkan Adzan

Mendengarkan adzan juga termasuk amalan ringan yang berpahala besar. Dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Barangsiapa mendengar panggilan adzan lalu ia berdoa, “Ya Allah Tuhan panggilan yang sempurna (panggilah Tauhid) dan salat yang didirikan, berilah kepada Muhammad kemuliaan dan keutamaan dan berilah untuknya tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau janjikan kepadanya. ‘Akan mendapatkan syafaatku kelak pada hari kiamat.” (HR Bukhari)

  1. Mengamini Imam Waktu Salat

Dari Abu Hurairah, ia berkata Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Apabila imam beramin maka beraminlah pula karena barangsiapa yang aminnya sesuai dengan aminnya para malaikat maka telah dihapuskan dosanya yang telah lalu. Ibnu Syihab berkata, ‘Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengucapkan Aamiin.”

  1. Istiqamah dalam Beribadah

Istiqamah adalah menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya secara berkesinambungan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Laksanakan amalan semampu kalian. Sesungguhnya Allah tidak bosan sampai kalian (sendiri) yang bosan. Sesungguhnya amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang kontinu (berkesinambungan) walaupun sedikit.” (HR Abu Daud)

Astra Website Security
×