Berkah dan Pahala Membaca Sholawat

by | Aug 27, 2023 | Info

Membaca sholawat merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Sholawat adalah bentuk pujian dan penghormatan kepada Nabi Muhammad Shallallahu`alaihi Wa Sallam serta doa yang bernilai pahala. Terdapat sejumlah keutamaan membaca sholawat yang bisa diraih oleh umat Islam, menjadikannya amalan yang mulia dan bermanfaat. Dalam artikel ini, kita akan mengulas beberapa keutamaan membaca sholawat dan bacaan sholawat pendek yang bisa diamalkan.

Perintah membaca sholawat termaktub dalam Al Quran surah Al-Ahzab ayat 56. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat malaikat Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Bacaan Sholawat Pendek

Mengutip dari buku Memahami Makna Bacaan Sholat karya Abu Utsman Kharisman, bacaan sholawat pendek yang dibaca di luar salat, yaitu dapat diamalkan sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Latin: Allahumma shalli ‘alaa sayyidina muhammad

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya.”

Bacaan tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Asy-Syaikh al-Utsaimin dalam Syarah Riyadhus Shalihin. Selain itu, umat Islam juga dapat membaca sholawat nabi yang pendek dengan bacaan:

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Latin: Shallallahu ‘ala Muhammadin

Artinya: “Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad.”

Membaca sholawat juga mendatangkan berbagai keutamaan yang luar biasa, antara lain:

  1. Mendapat balasan 10 sholawat dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Rasulullah Shallallahu`alaihi Wa Sallam bersabda, “Orang yang bersholawat kepadaku satu kali, Allah akan memberinya sepuluh sholawat.” (HR Muslim)
  2. Derajatnya diangkat sepuluh derajat oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Rasulullah Shallallahu`alaihi Wa Sallam bersabda, “Barang siapa bersholawat satu kali saja, Allah Subhanahu wa ta’ala akan memberinya sepuluh rahmat sama dengan sepuluh derajat baginya.”
  3. Pahala membaca sholawat ditulis sepuluh kali dan dosa dihapuskan sepuluh kali.
  4. Membaca sholawat menjadi kunci terkabulnya doa di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu, disarankan untuk mengawali doa dengan membaca sholawat.
  5. Sholawat mendatangkan syafaat dari Rasulullah Shallallahu`alaihi Wa Sallam bagi orang yang membacanya.
  6. Sholawat mencukupkan apa yang diinginkan seseorang, sehingga menjadi salah satu bentuk sedekah bagi yang tidak mampu bersedekah.
  7. Membaca sholawat menjadikan seorang hamba dekat dengan Rasulullah Shallallahu`alaihi Wa Sallam pada hari kiamat kelak.
  8. Sholawat memberikan keberkahan dan mencegah seseorang dari sifat kikir dan kefakiran.
  9. Sholawat merupakan zikir kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk mensyukuri segala nikmat-Nya.
  10. Membaca sholawat menghindarkan seseorang dari sifat lupa dan terus mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala.

Membaca sholawat merupakan bentuk cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad Shallallahu`alaihi Wa Sallam serta membawa berkah dan rahmat dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Sholawat juga merupakan doa yang dipanjatkan oleh umat Muslim, sehingga semakin banyak kita membaca sholawat, semakin besar pula cinta kita kepada Nabi Shallallahu`alaihi Wa Sallam dan Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu, mari tingkatkan amalan membaca sholawat dalam kehidupan sehari-hari, agar mendapatkan berbagai keutamaan dan berkah yang Allah Subhanahu wa ta’ala janjikan.

Astra Website Security
×