Dalil dan Keutamaan Menunaikan Sholat Tepat Waktu

by | Sep 5, 2023 | Info

Dalam ajaran Islam, sholat merupakan ibadah yang memiliki kedudukan khusus. Salah satu aspek penting dalam menjalankan sholat adalah melaksanakannya tepat waktu.
Bukan hanya sekedar kewajiban, melaksanakan sholat tepat waktu memiliki berbagai keutamaan yang bisa diraih setiap muslim.

Dalil Sholat Tepat Waktu
Dikutip dari buku Sulitkah Shalat Subuh Tepat Waktu oleh Muh. Riziq, bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam beberapa ayat Al-Qur’an, diantaranya yaitu,

Surat Al-Mu’minun ayat 1-2,

قَدْ اَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ ۙ ١

الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلَاتِهِمْ خٰشِعُوْنَ ٢

Artinya: “Sungguh, beruntunglah orang-orang mukmin. (Yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam salatnya,”

Surat Al-Mu’minun ayat 9-11

وَالَّذِيْنَ هُمْ عَلٰى صَلَوٰتِهِمْ يُحَافِظُوْنَ ۘ ٩

اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْوٰرِثُوْنَ ۙ ١٠

الَّذِيْنَ يَرِثُوْنَ الْفِرْدَوْسَۗ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ ١١

Artinya: “Orang-orang yang memelihara salat mereka. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi. (Yaitu) orang-orang yang akan mewarisi (surga) Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.”

Masih mengutip dari sumber buku yang sama, bahwa Abdullah bin Mas’ud bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “Amal apakah yang paling utama?” Beliau menjawab,,

الصَّلاةُ لوَقْتِهَا

Artinya: “Shalat pada waktunya”

Dalam hadits serupa, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban meriwayatkan, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

الصَّلاةُ فِي أَوَّلِ وَقْتِهَا

Artinya: “Sholat di awal waktunya.”

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Allah ta’ala berfirman, ‘Sesungguhnya Aku mewajibkan atas umatmu sholat lima (waktu). Dan Aku telah berjanji, barangsiapa menjaganya pada waktunya Aku akan memasukkannya ke dalam surga; dan barangsiapa tidak menjaganya, maka tidak ada janji dari-Ku baginya.”

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“… Andai orang-orang mengetahui pahala adzan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan sholat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala sholat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.” (HR Bukhari)

Keutamaan Sholat Tepat Waktu
Dikutip dari buku Semua Tentang Optimis karya Dwii.ho, bahwa dengan sholat tepat waktu akan mempengaruhi hidup seseorang dan akan mempermudah segala urusannya.

Mengutip buku Just Believe in Allah oleh Devira Aprilaela Insania, bahwa dengan menunaikan sholat tepat waktu, seseorang akan dilancarkan rezekinya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, hatinya akan tenang, dan akan selalu merasa tercukupi.

Khalifah Usman bin Affan menyatakan, “Orang-orang yang memelihara sholat lima waktu dan mengerjakannya tepat pada waktunya, maka Insya Allah, Allah akan memuliakan orang itu dengan sembilan macam kemuliaan:

  • Dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala
  • Tubuhnya akan senantiasa sehat
  • Akan dijaga oleh malaikat
  • Rumahnya akan mendapatkan berkah
  • Mukanya akan kelihatan tanda orang yang shaleh
  • Akan dilembutkan hatinya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala
  • Dapat melewati jembatan Shiratal Mustaqim seperti kilat
  • Akan diselamatkan dari api neraka
  • Akan ditempatkan dalam golongan orang-orang yang tidak takut dan bersedih
  • Dengan membaca pemaparan di atas, kita menggali permata spiritual yang menyala dalam setiap detik kehidupan. Sholat tepat waktu adalah bukti cinta, penghargaan, dan kesungguhan kita dalam mengarungi samudra kehidupan.

Mari bersama-sama merenung tentang makna mendalam ini dan menghadirkan sholat sebagai lautan kedekatan dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan sumber inspirasi dalam menjalani setiap langkah kita.

Astra Website Security
×