Doa Haji Mabrur Arab dan Latin

by | May 15, 2024 | Info

Menunaikan ibadah haji yang mabrur merupakan impian umat Islam. Berdasarkan hadits, terdapat doa yang bisa dibaca agar haji menjadi mabrur. Berikut bacaan doa haji mabrur beserta artinya.

Dikutip dari buku Panduan Ibadah Haji dan Umrah karya Retno Widyani dan Mansyur Pribadi, definisi haji menurut ulama fikih adalah menyengaja mendatangi Kakbah untuk menunaikan amalan-amalan tertentu.

Hukum menunaikan haji adalah wajib bagi umat Islam yang mampu secara biaya, fisik, dan waktu. Hal ini bersandar pada firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Al-Qur’an surah Ali ‘Imran ayat 97.

فِيْهِ اٰيٰتٌۢ بَيِّنٰتٌ مَّقَامُ اِبْرٰهِيْمَ ەۚ وَمَنْ دَخَلَهٗ كَانَ اٰمِنًا ۗ وَلِلّٰهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ اِلَيْهِ سَبِيْلًا ۗ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعٰلَمِيْنَ

Artinya: “Di dalamnya terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) Maqam Ibrahim. Siapa yang memasukinya (Baitullah), maka amanlah dia. (Di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, (yaitu bagi) orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Siapa yang mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu pun) dari seluruh alam.”

Pengertian Haji Mabrur

Menukil buku Tuntunan Super Lengkap Haji & Umrah karya Sholihin As Suhaili, mabrur berasal dari kata barra yang berarti mendapat kebaikan atau menjadi baik. Selain itu, Ibnu Mandzur dalam Lisananul Arab menjelaskan kata mabrur mengandung dua makna. Pertama, mabrur berarti baik, suci, dan bersih. Kedua, mabrur berarti maqbul atau mendapat rida Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dari penjelasan makna kata mabrur tersebut, haji mabrur adalah haji yang dikerjakan seorang muslim dengan memperoleh kebaikan setelahnya, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain, sebagai bukti bahwa hajinya telah diterima dan mendapat rida di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Mengutip buku Panduan Doa dan Dzikir Haji dan Umrah yang Dicontohkan Rasulullah dan Para Ulama karya Deden Hafid Usman dkk, keutamaan haji mabrur dijelaskan dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

“Haji mabrur pahalanya tiada lain kecuali surga.” (HR Ahmad dan Thabrani)

Selain itu, diriwayatkan pula bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah ditanya seorang laki-laki, “Amal apakah yang paling baik?” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab, “Iman kepada Allah dan Rasul-Nya.”

Lelaki itu pun bertanya lagi, “Kemudian apa lagi?” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab, “Jihad di jalan Allah.”

Lagi, lelaki tersebut bertanya, “Kemudian apa lagi?” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab, “Haji mabrur.” (HR Ahmad)

Doa Haji Mabrur

Dinukil dari buku Untaian Mutiara Doa karya Ali Manshur, berikut bacaan doa haji mabrur.

اللهُمَّ اجْعَلْهَا حَاجًا مَبْرُوْرًا وَ ذَنْبًا مَغْفُوْرًا

Allaahummaj-‘alhaa hajjan mabruuran wa dzanban maghfuuraan.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia (ibadah) sebagai ibadah haji yang mabrur dan dosa yang diampuni.”

Doa ini berasal dari hadits yang diriwayatkan dari Jarir, dari Laits, dari Muhammad bin Abdurrahman bin Yazid, dari ayahnya. Ia berkata,

“Aku bersama Abdullah hingga berhenti di Jumrah Aqabah, lalu ia berkata, ‘Beri aku beberapa batu’, maka aku memberinya tujuh batu, lalu ia berkata padaku ‘Ambilkan aku tali kekang unta.’

Kemudian dia kembali ke Jumrah Aqabah dan melemparnya dari perut lembah dengan tujuh batu kerikil, sedangkan dia menunggangi untanya sambil bertakbir setiap kali melempar satu kerikil, dan dia mengucapkan, ‘Ya Allah, jadikanlah ia (ibadah) sebagai ibadah haji yang mabrur dan dosa yang diampuni.’

Kemudian dia berkata, ‘Di sini berdiri orang yang diturunkan kepadanya surah Al-Baqarah’.” (HR Ahmad)

Astra Website Security
×