Fakta Unik dan Kesitimewaan Air Zamzam

by | Apr 15, 2024 | Info

Air zamzam, sebagai salah satu mukjizat Islam yang abadi, mencerminkan rahmat Tuhan. Sumur Zamzam pertama kali muncul 5.000 tahun lalu di bawah kaki Nabi Ismail, ketika ibunya, Hajar, berusaha mencari air untuk putranya yang kehausan dengan berlari antara dua bukit Safa dan Marwah. Terdapat beberapa fakta unik dan keistimewaan yang melekat pada air suci ini, seperti yang dilaporkan oleh Arab News. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Asal Nama Zamzam:

Nama “Zamzam” berasal dari frasa Arab “zome zome”, yang berarti “berhenti mengalir”, sebuah perintah yang diulangi oleh Hajar ketika mencoba menahan aliran air.

  1. Keistimewaan dan Khasiat:

Air dari sumur Zamzam selalu bersih dari lumut, serangga, jamur, atau kotoran lainnya. Kandungan mineral alami di dalamnya lebih tinggi daripada air desalinasi normal, memberinya rasa dan berat yang khas. Dipercaya memiliki khasiat penyembuhan alami dan sering diambil oleh peziarah untuk dibawa pulang ke tanah air mereka.

  1. Sumur yang Terjaga:

Pengembangan dan pemeliharaan Sumur Zamzam sangat penting dan telah dilindungi selama berabad-abad. Abd Al Muttalib bin Hasyim, kakek Nabi Muhammad, dan kemudian banyak khalifah Muslim mengawasi perlindungannya. Di zaman modern, proyek-proyek pemeliharaan dan pengembangan modern telah dilakukan untuk memastikan pasokan air yang memadai bagi umat Islam.

  1. Proyek Ratusan Juta Dollar:

Kebutuhan akan air Zamzam yang meningkat memerlukan pengembangan lebih lanjut untuk sumur tersebut. Proyek-proyek ini memakan biaya hingga ratusan juta dollar, menggantikan metode-metode lama dengan teknologi terbaru dan teraman untuk pemompaan, penyaringan, pendistribusian, dan pengisian air.

  1. Distribusi Zamzam:

Untuk memastikan kebutuhan jamaah terpenuhi, air Zamzam didistribusikan dalam wadah-wadah resmi, yang sekarang tersedia dalam dua ukuran utama: 5 dan 10 liter. Proyek-proyek distribusi ini memungkinkan akses yang lebih mudah bagi peziarah, dengan pusat distribusi air yang ditempatkan di berbagai lokasi strategis di sekitar Masjidil Haram. Selain itu, air Zamzam juga tersedia untuk pembelian online melalui platform bisnis elektronik Saudi HNAK.

Astra Website Security
×