Fasilitas Khusus untuk Jemaah Haji Lansia

by | May 21, 2024 | Info

Sekitar 45 ribu jemaah lansia menunaikan ibadah haji tahun ini, yang jumlahnya sekitar 21 persen dari total jemaah sebanyak 241 ribu orang. Jemaah lansia ini mendapatkan perlakuan khusus.

Perlakuan khusus tersebut sudah dimulai sejak kedatangan mereka di Tanah Suci. Seperti terlihat saat kedatangan jemaah Kloter JKG 02 (Jakarta) yang terdiri dari lebih dari 400 jemaah pada Senin malam (21/5/2025).

Jemaah disambut hangat oleh petugas Daker Makkah di Hotel Qasr Al Talayie (301). Puluhan jemaah lansia turut serta dalam rombongan ini.

Kepala Bidang Akomodasi PPIH Arab Saudi, Zainal Muttaqin, yang turut menyambut jemaah, menyatakan bahwa jemaah lansia mendapatkan layanan khusus saat tiba di hotel. Mereka langsung mendapatkan kursi roda dan bantuan untuk mencapai kamar mereka.

“Untuk lansia, sesuai arahan pimpinan kita, yang pertama pasti kita bantu ke kursi roda,” ujar Zainal saat ditemui di sela-sela penyambutan jemaah di Hotel Qasr Al Talayie (301), Makkah, Senin malam (20/5/2024).

Selain itu, jemaah lansia juga mendapatkan prioritas kamar yang dekat dengan lift untuk memudahkan evakuasi atau saat dibutuhkan.

“Posisi kamarnya dekat dengan lift untuk memudahkan evakuasi atau saat mereka membutuhkan,” kata Zainal.

Zainal menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan ketua sektor dan kloter untuk menempatkan jemaah lansia di kamar dekat lift.

“Kami sudah memblok kamar dan berkoordinasi dengan ketua sektor, ketua kloter, dan ketua rombongan untuk menempatkan jemaah lansia di dekat lift,” jelasnya.

Saat ini, lebih dari 3000 calon jemaah haji sudah tiba di Makkah. Zainal mengimbau jemaah yang baru tiba di Makkah untuk beristirahat sebelum melaksanakan umrah wajib.

“Kami berharap jemaah haji Indonesia yang tiba di Makkah untuk beristirahat dulu sebelum bersiap-siap melaksanakan umrah,” jelas Zainal.

Selain akomodasi hotel, transportasi khusus untuk lansia juga telah disiapkan dengan 20 bus ramah lansia yang selalu standby.

“Kami telah menyiapkan transportasi khusus untuk lansia. Tidak hanya bus kota, tetapi juga bus khusus lansia dengan dek yang lebih rendah dan dapat digunakan untuk kursi roda. Ada 20 bus yang siap melayani berdasarkan permintaan,” kata Kabid Akomodasi Mujib Roni di tempat terpisah.

Astra Website Security
×