Golongan Orang yang Sangat Ditakuti Setan

by | May 14, 2024 | Info

Setan, jin, dan iblis merupakan musuh yang nyata bagi manusia. Mereka akan terus menggoda keturunan Adam hingga hari kiamat tiba. Hal ini sesuai dengan janji yang mereka buat, seperti yang diungkapkan dalam Surat Al-Hijr ayat 39, untuk terus menyesatkan manusia.

قَالَ رَبِّ بِمَآ اَغْوَيْتَنِيْ لَاُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِى الْاَرْضِ وَلَاُغْوِيَنَّهُمْ اَجْمَعِيْنَۙ – 39

Artinya: “Ia (Iblis) berkata, “Tuhanku, karena Engkau telah menyesatkanku, sungguh aku akan menjadikan (kejahatan) terasa indah bagi mereka di bumi dan sungguh aku akan menyesatkan mereka semua,”

Namun, ada beberapa kelompok orang yang tidak akan digoda oleh iblis. Setan takut terhadap mereka karena suatu alasan. Lantas, siapa saja golongan manusia yang paling ditakuti setan?

Golongan Orang yang Sangat Ditakuti Setan

Iblis dan setan berjanji akan terus coba menyesatkan manusia. Akan tetapi, ada sejumlah orang yang tidak berani mereka goda. Berikut golongan manusia yang paling ditakuti setan:

  1. Orang yang Takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala

Manusia yang takut pada Allah Subhanahu wa Ta’ala sangatlah ditakuti setan. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melalui sabdanya menuturkan:

“Barangsiapa takut kepada Allah, Allah menjadikan segala sesuatu takut kepadanya. Barangsiapa yang tidak takut kepada Allah, Allah menjadikannya takut kepada segala sesuatu.” (HR Baihaqi)

Sayyid Quthb juga memaparkannya dalam Tafsir Fi Zhilalil Qur’an. Menurutnya, manusia tidak perlu takut kepada setan dan teman-temannya. Dan yang patut ditakuti hanyalah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Hal ini sebagaimana kalam-Nya dalam Surat Ali Imran ayat 175, Dia berfirman:

اِنَّمَا ذٰلِكُمُ الشَّيْطٰنُ يُخَوِّفُ اَوْلِيَاۤءَهٗۖ فَلَا تَخَافُوْهُمْ وَخَافُوْنِ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ – 175

Artinya: “Sesungguhnya mereka hanyalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya. Oleh karena itu, janganlah takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang mukmin.”

  1. Orang yang Mukhlas

Mengutip buku Melihat Allah di Dunia dan di Surga oleh Agus Shohib Khaironi, salah satu orang paling ditakuti setan yang disebutkan dalam Al-Qur’an adalah orang mukhlas. Mukhlas adalah orang yang hatinya bersih dan suci.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Ia (Iblis) berkata, “Tuhanku, karena Engkau telah menyesatkanku, sungguh aku akan menjadikan (kejahatan) terasa indah bagi mereka di bumi dan sungguh aku akan menyesatkan mereka semua, kecuali hamba-hamba-Mu yang terpilih (karena keikhlasannya) di antara mereka.” (QS Al-Hijr: 39-40)

  1. Orang yang Alim

Orang yang alim adalah orang yang luas ilmu agamanya. Ibnu Abbas RA meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Seorang yang alim jauh lebih ditakuti oleh setan dibandingkan seribu orang ahli ibadah (yang tidak berilmu).” (HR Tirmidzi)

Menurut penjelasan buku Mutiara Hikmah Islami oleh Syamsul Rijal Hamid, hal itu karena orang alim tidak mudah menuruti ataupun tertipu oleh godaan setan. Karena itu, setan kesulitan saat menyesatkan mereka.

Sementara ahli ibadah, terutama ibadah sunnah yang hanya bermanfaat bagi orang yang mengerjakannya saja, yang tidak berilmu mudah digoda iblis. Karena umumnya mereka hanya mementingkan ibadah daripada kewajiban mencari ilmu.

Dalam riwayat-riwayat, Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga menyebutkan keutamaan lain dari orang alim. Termasuk orang berilmu lebih besar pahalanya ketimbang orang puasa dan berperang di jalan Allah (riwayat dikutip Khathib Al-Baghdadi dalam Al-Faqih wal Mutafaqqih).

  1. Orang yang Ahli Fikih

Imam Ibnul Jauzi dalam kitab Shaid Al-Khatir menyebutkan riwayat dari Ibnu Abbas RA, “Seorang fakih lebih ditakuti setan daripada orang ahli ibadah yang bodoh.”

Fakih di sini diartikan sebagai orang paham ilmu agama. Dan ada pula yang mengartikan fakih sebagai orang ahli fikih.

  1. Orang yang Berdzikir

Dalam buku Terhubung dengan Tuhan, Abdul Wahid menjelaskan bahwa golongan orang yang selalu mengingat atau berdzikir pada Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah musuh yang sangat ditakuti setan. Iblis maupun setan tidak akan berani mendekati bahkan mengganggu mereka.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: “Sesungguhnya setan meletakkan moncongnya di hati anak Adam. Apabila ia mengingat Allah (dzikrullah) maka setan akan mundur. Dan apabila ia lupa (pada Allah) maka setan akan membisiki (menggoda) hatinya.” (HR Baihaqi dan Abu Ya’la)

Nah, itulah sederet orang yang paling ditakuti setan. Mari menjadi orang-orang seperti di atas agar setan tidak akan berani menggoda dan menyesatkan kita.

Astra Website Security
×