Hal yang Menjauhkan Kita dari Al-Qur’an

by | Jun 8, 2023 | Info

Dalam agama Islam, Al-Qur’an merupakan kitab suci yang menjadi sumber petunjuk dan pedoman bagi umat Muslim. Al-Qur’an mengandung ajaran-ajaran yang mengarahkan umat manusia kepada jalan yang benar dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun, terkadang ada dua hal yang dapat menjauhkan kita dari Al-Qur’an. Berikut adalah penjelasan mengenai dua hal tersebut:

  1. Jauh dari Pengetahuan dan Pembacaan Al-Qur’an: Salah satu hal yang dapat menjauhkan kita dari Al-Qur’an adalah ketidaktahuan dan minimnya pembacaan Al-Qur’an. Banyak orang yang tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang isi Al-Qur’an, sehingga mereka tidak dapat menerapkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kurangnya pembacaan Al-Qur’an juga dapat membuat kita kehilangan hubungan yang erat dengan kitab suci ini. Oleh karena itu, penting bagi setiap Muslim untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang Al-Qur’an dan meluangkan waktu untuk membacanya secara rutin. Dengan mempelajari dan membaca Al-Qur’an, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengikuti ajaran-Nya dengan lebih baik.
  2. Menjauh dari Nilai dan Ajaran Al-Qur’an: Selain pengetahuan dan pembacaan, menjauh dari nilai dan ajaran Al-Qur’an juga dapat menjauhkan kita dari kitab suci ini. Terkadang, kita mungkin tergoda untuk mengikuti perilaku dan pola pikir yang bertentangan dengan ajaran Al-Qur’an. Misalnya, sikap sombong, mementingkan harta dan keduniaan, mempraktikkan kezaliman, atau mengabaikan kewajiban sosial dan kemanusiaan. Ketika kita menjauh dari nilai-nilai Al-Qur’an, kita tidak lagi mengikuti ajaran-Nya yang mendorong kita untuk hidup dengan penuh kesederhanaan, kejujuran, kasih sayang, dan keadilan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu mengintrospeksi diri, memperbaiki perilaku, dan mengoreksi diri apabila terdapat ketidaksesuaian antara tindakan kita dengan ajaran Al-Qur’an.

Untuk menghindari dua hal tersebut, penting bagi kita untuk terus belajar dan memahami Al-Qur’an, membacanya secara rutin, dan mengamalkan nilai-nilai dan ajaran yang terkandung di dalamnya. Dengan cara ini, kita dapat memperkuat ikatan kita dengan Al-Qur’an, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan hidup sesuai dengan petunjuk-Nya.

Astra Website Security
×