Ini Keutamaan Ikhlas Dan Contohnya Dalam Hidup

by | Sep 25, 2023 | Info

Dalam menjalani kehidupan, manusia sering kali menghadapi hal-hal yang tidak sejalan dengan rencana atau keinginannya. Akibatnya, manusia kerap putus asa dan bersedih. Padahal, apapun cobaan atau rintangan di dalam hidup ini, sebaiknya harus dihadapi dengan penuh keikhlasan. Selain itu, jangan lupa berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar selalu diberi kemudahan dan pertolongan.

Ikhlas merupakan kunci dalam beribadah dan menjalani kehidupan. Sebab, melakukan segala sesuatu dengan ikhlas termasuk perbuatan terpuji. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan ikhlas? Simak penjelasannya secara lengkap beserta keutamaan dan contohnya di bawah ini.

Pengertian Ikhlas

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ikhlas artinya bersih hati atau tulus hati. Maksudnya adalah, dalam menjalani kehidupan manusia perlu memiliki sikap ikhlas agar hatinya selalu bersih.

Selain itu, seseorang yang dapat menerima segala sesuatu secara ikhlas, maka ia memiliki hati yang tulus. Sebab, ia menerima takdir dan ketetapan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala untuknya.

Mengutip buku Ikhlas oleh Umar Sulaiman al-Asygar, dalam agama Islam ikhlas merupakan satu-satunya tujuan ibadah. Menurutnya, ikhlas adalah ajaran yang menjadi dasar diutusnya semua rasul Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Selain itu, beberapa ulama lainnya juga mendefinisikan secara masing-masing tentang ikhlas. Menurut Al Raghib di dalam kitabnya Mufradat, ikhlas adalah menyingkirkan segala sesuatu selain Allah Subhanahu wa Ta’ala. Lalu, Sahl ibn Abdullah mengungkapkan jika ikhlas adalah menjadikan seluruh gerak dan diam hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Pada intinya, iklhas adalah sikap untuk menerima segala sesuatu dengan tulus hati dan tanpa pamrih. Dalam agama Islam, ikhlas diartikan sebagai keikhlasan hati untuk menjalankan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Keutamaan Sikap Ikhlas

Dilansir situs Baznas, seorang umat muslim yang memiliki sikap ikhlas akan mendapatkan keutamaan yang sangat penting. Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Mendapat Pahala dari Allah Subhanahu wa Ta’ala

Keutamaan yang pertama dari ikhlas adalah mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebab, orang yang ikhlas dalam menjalani kehidupan serta ibadahnya, maka akan dibalas dengan pahala yang berlimpah.

  1. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Memiliki sikap ikhlas juga membantu umat muslim dalam meningkatkan kualitas ibadahnya. Dengan begitu, tidak ada motif atau kepentingan lain untuk menjalankan ibadah, jadi benar-benar dari ketulusan hati untuk mendapatkan rida Allah Subhanahu wa Ta’ala.

  1. Hidup Jadi Lebih Tenang

Dalam hidup, manusia tak hanya akan mendapat kabar bahagia saja, namun juga kerap mendapat cobaan yang melatih kesabaran. Bagi umat muslim yang ikhlas dalam menghadapi berbagai masalah, ia tetap tenang dan yakin bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala akan selalu memberi kemudahan di balik beratnya cobaan.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Seseorang yang ikhlas menjalani kehidupan dan ibadahnya saat di dunia maka turut menambah rasa kepercayaan diri. Sebab, ia benar-benar menjalani semuanya dengan tulus hati tanpa ada harapan ingin mendapat pujian atau pengakuan orang lain.

  1. Menjadi Teladan Bagi Orang Lain

Keutamaan memiliki sikap ikhlas yang terakhir adalah dapat menjadi teladan bagi orang lain. Sebab, sikap ikhlas membawa seseorang menjadi baik dan tulus hati dalam membantu sesama manusia. Hal ini bisa mendorong teman-teman atau keluarganya untuk meniru sikap ikhlas yang dimilikinya.

Tiga Derajat Keikhlasan

Mengutip buku Madarijus Salikin (terjemahan), Ibnu Qayyim Al-Jauziyah mengatakan bahwa terdapat tiga derajat keikhlasan dalam Islam, yakni sebagai berikut:

  • Tidak melihat amal sebagai amal, tidak mencari imbalan dari amal, dan tidak puas terhadap amal.
  • Malu terhadap amal sambil tetap berusaha untuk membenahinya dan memelihara cahaya taufik yang dipancarkan Allah Subhanahu wa Ta’ala.
  • Memurnikan amal, membiarkan amal berlalu berdasarkan ilmu, tunduk kepada hukum kehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala, serta membebaskannya dari sentuhan rupa.

Contoh Ikhlas dalam Kehidupan

Setelah mengetahui arti ikhlas dan keutamaannya, mari kita simak beberapa contoh sikap ikhlas dalam kehidupan. Harapannya agar dapat menjalani hidup dengan penuh keikhlasan.

  • Ikhlas menjalani hidup walau menghadapi sejumlah masalah dan cobaan.
  • Ketika menghadapi berbagai masalah, belajar untuk ikhlas dan berani menghadapi masalah tersebut.
  • Tetap ikhlas dan selalu mendoakan ketika seseorang yang kamu sayang pergi meninggalkan dunia selamanya.
  • Ikhlas dalam memberikan ajaran atau pemahaman kepada banyak orang.
  • Selalu ikhlas dalam membantu sesama manusia.
Astra Website Security
×