Jelang Berangkat ke Makkah, Jemaah Haji Diimbau Persiapkan Fisik

by | May 18, 2024 | Info

Menjelang keberangkatan jemaah haji ke Makkah, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag RI) mengimbau jemaah untuk mempersiapkan diri dengan baik. Persiapan ini mencakup aspek mental dan fisik jemaah haji.

Dalam Konferensi Pers Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H/2024 M yang disiarkan, jemaah haji diingatkan untuk membatasi aktivitas fisik yang dapat menguras energi. Selain itu, mereka dianjurkan untuk menjaga hidrasi tubuh dengan banyak minum dan mengonsumsi vitamin yang diperlukan.

Jemaah haji juga diimbau untuk mendapatkan istirahat yang cukup, mengingat cuaca di Madinah cukup panas yang dapat mempengaruhi kondisi fisik mereka. Terutama untuk jemaah lanjut usia (lansia), disarankan untuk membatasi aktivitas di luar ruangan dan tidak memaksakan diri, serta selalu memperhatikan stamina fisik.

Jika tidak memungkinkan untuk melaksanakan salat jamaah di Masjid Nabawi, jemaah haji dapat menunaikan salat di hotel.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kemenag, Akhmad Fauzin, dalam keterangan persnya, juga menyoroti suhu di Madinah yang relatif panas. Ia mengimbau agar jemaah menggunakan pelembab kulit dan bibir untuk menghindari iritasi akibat cuaca.

Untuk mencegah dehidrasi, jemaah dianjurkan untuk selalu membawa dan minum air mineral 200 ml setiap jam secara teratur. Ia juga menekankan pentingnya mengatur irama keberangkatan dan kepulangan dari pemondokan menuju Masjid Nabawi, serta sebaliknya, guna menghindari penumpukan antrian lift di hotel. Selain itu, memastikan makan tepat waktu dan beristirahat yang cukup juga sangat penting.

Astra Website Security
×