Keutamaan Basmalah dalam Islam

by | Aug 19, 2023 | Info

Basmalah adalah bacaan yang sangat akrab diucapkan oleh seorang Muslim. Namun, apakah kita benar-benar menyadari betapa besar keutamaan dari membaca basmalah ini? Rasulullah Shallallahu`alaihi Wa Sallam sangat menekankan pentingnya membaca basmalah sebelum memulai aktivitas apa pun, karena ada banyak manfaat dan berkah yang terkandung di dalamnya. Adapun membaca basmalah penting untuk dilakukan setiap mengawali aktivitas, berikut haditsnya

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

Artinya: “Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillah’, maka amalan tersebut terputus (kurang) keberkahannya.” (HR Al Khatib).

Diketahui di dalam kalimat basmalah terdapat tiga nama yang dikatakan terbesar dalam buku Rahasia Kedahsyatan Basmallah Berdasarkan Al-Quran dan As-Sunah tulisan Sulistyawati Khairu, yaitu Allah, Ar Rahman, dan Ar Rahiim. Oleh karena itu, kalimat basmalah ini dinamakan oleh Rasulullah Shallallahu`alaihi Wa Sallam sendiri dengan nama al ismul al ‘azham, yaitu nama yang teragung dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

Berikut adalah beberapa keutamaan membaca basmalah

  1. Penghalang dari Zabaniah atau Malaikat Penyiksa Neraka

Allah berjanji bahwa siapa pun yang membaca basmalah dengan tulus akan dilindungi dari siksa Zabaniah, para malaikat yang bertugas menyiksa penghuni neraka. Setiap huruf dalam basmalah akan menjadi perisai bagi diri kita dari setiap malaikat tersebut.

  1. Wajib dalam Wudhu

Basmalah menjadi bagian penting dalam ibadah wudhu. Wudhu yang dilakukan tanpa membaca basmalah tidak akan sah.

  1. Penting dalam Hubungan Suami-Istri

Basmalah juga memiliki peran penting dalam hubungan suami-istri. Ketika berhubungan intim, membaca basmalah adalah langkah untuk menghindari campur tangan setan dalam momen tersebut.

  1. Mendatangkan Berkah dalam Pekerjaan

Dalam setiap pekerjaan atau urusan yang penting, membaca basmalah adalah kunci untuk mendatangkan berkah dalam usaha kita. Sebaliknya, pekerjaan yang tidak diawali dengan menyebut basmalah akan terputus dari berkah.

  1. Mengingat dan Menyadari Allah

Basmalah mengajarkan kita untuk selalu mengingat dan menyadari kehadiran Allah dalam setiap aktivitas. Dengan membaca basmalah, kita memulai setiap tindakan dengan menyebut nama-Nya, mengingatkan diri kita tentang kasih sayang dan kuasa-Nya.

  1. Penghalang Jin Melihat Aurat Manusia

Membaca basmalah saat masuk ke kamar kecil akan menjadi penghalang bagi jin untuk melihat aurat manusia. Jin tidak dapat melihat aurat ketika basmalah dibaca sebelum masuk ke dalamnya.

  1. Menjaga Makanan dari Setan

Basmalah juga memiliki kekuatan untuk menjaga makanan kita dari gangguan setan. Jika kita membaca basmalah sebelum makan, setan tidak akan dapat memakan makanan tersebut.

Dengan mengetahui berbagai keutamaan membaca basmalah, semoga kita dapat lebih rajin dan tulus dalam menyebutkan basmalah sebelum melakukan setiap aktivitas. Basmalah adalah doa permohonan atas kasih sayang Allah dan merupakan kunci untuk mendatangkan berkah dalam hidup kita. Dengan membaca basmalah, kita akan selalu dijaga oleh Allah dari setiap bahaya dan mendapatkan keberkahan dalam segala hal yang kita lakukan. Semoga kita senantiasa mengamalkan basmalah dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan keberkahan dan kesejahteraan dari-Nya.

Astra Website Security
×