Lakukan Amalan Ini Setelah Sholat Tahajud

by | Sep 9, 2023 | Info

Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dikutip dari buku Dahsyatnya Tahajud, Subuh, & Dhuha, Keberkahan Bangun Pagi karya Adnan Tarsyah, sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Sholat tahajud bisa dikerjakan sesudah sholat Isya sampai terbitnya fajar dan sesudah bangun tidur meskipun tidurnya sebentar.
Terdapat keutamaan besar dengan mengerjakan sholat tahajud, seperti yang disebutkan dalam beberapa dalil. Salah satunya seperti diriwayatkan dalam hadits riwayat Imam Tirmidzi dan Imam Ahmad, Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Laksanakanlah sholat malam, sebab sholat malam itu kebiasaan orang-orang yang saleh sebelum kamu dahulu, (sholat tahajud) juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, (sholat tahajud) juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindari penyakit badan.”

Selain itu, segala keinginan juga akan dikabulkan dengan melakukan amalan setelah sholat tahajud.

Adab Melaksanakan Sholat Tahajud
Dikutip dari buku Fikih Sunnah 5 Jilid Lengkap karya Sayyid Sabiq, disunnahkan untuk melakukan beberapa adab ketika hendak mengerjakan sholat malam atau sholat tahajud.

1. Niat untuk bangun tidur dan mengerjakan tahajud
2. Menghilangkan rasa kantuk dengan menggosok gigi
3. Mengawali tahajud dengan sholat dua rakaat
4. Membangunkan keluarganya
5. Hendaknya tidak mengerjakan sholat jika masih merasa mengantuk
6. Mengerjakan semampunya

Amalan Setelah Sholat Tahajud agar Keinginan Terkabul
Dikutip dari buku Keajaiban Tahajud, Subuh, dan Dhuha karya Fery Taufiq El-Jaquene, bahwa Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam melakukan beberapa amalan berikut sesudah sholat tahajud:

1. Berdzikir setelah tahajud
2. Mengerjakan sholat dua rakaat setelah tahajud
3. Mengerjakan sholat witir
4. Membaca doa setelah sholat tahajud

Dahsyatnya Tahajud, Subuh, & Dhuha, Keberkahan Bangun Pagi karya Adnan Tarsyah, doa yang dapat dibaca sesudah sholat tahajud yaitu,

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نَوْرُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وبك آمَنْتُ وَإِلَيْكَ أنبتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لا إله إلا أَنْتَ، أَنْتَ إِلهِي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ
Artinya: “Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumu serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.

Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau.”

Astra Website Security
×