Menjelang Kiamat Pohon Gharqad Menjadi Pelindung Yahudi

by | Nov 9, 2023 | Info

Peperangan besar antara umat Islam dan Yahudi di akhir zaman disebut menjadi salah satu tanda kiamat. Dikatakan dalam sebuah hadits, orang-orang Yahudi pada saat itu akan bersembunyi di balik pohon dan pohon itu akan berbicara kecuali pohon gharqad.

Tanda kiamat ini disebutkan dalam hadits shahih sebagaimana dinukil Muhammad al-‘Areifi dalam kitab Nihayatul ‘Alam. Dari Abu Hurairah Radiallahu ‘anhu, ia mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

لا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُقَاتِلَ المُسلِمُونَ اليَهُودَ ، فَيَقْتُلَهُم المُسلِمُونَ حَتَّى يَخْتَبِيُّ الْيَهُودِي مِن وَرَاءِ الحَجَرِ وَالشَّجَرِ ، فَيَقُولُ الحَجَراو الشجرُ : يَا مُسلم ، يَا عَبْدَ اللَّهِ، هَذَا يَهُودِي خلفى، فَتَعَالَ فَاقْتُلَهُ … الا العُرْقَدَ ، فَإِنَّهُ مِن شَجَرِ اليَهُودِ

Artinya: “Hari kiamat belum akan terjadi sampai kaum Muslimin memerangi bangsa Yahudi. Mereka diserang oleh kaum Muslimin hingga bersembunyi di balik batu dan pohon. Namun, batu maupun tumbuhan itu berkata, ‘Wahai Muslim, wahai hamba Allah, di belakangku ada orang Yahudi. Kemari dan bunuhlah dia!’ kecuali pohon gharqad. Sebab, pohon gharqad adalah pohon orang Yahudi.” (HR Muslim)

Dalam Shahih al-Jami’ush Shaghir juga terdapat riwayat serupa dengan redaksi,

لا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تُقَاتِلُوا اليَهُودَ ، حَتَّى يَقُولُ يقول الحَجَرُ وَرَاءَهُ الْيَهُودِيُّ : يَا مُسْلِمُ ، هَذَا يَهُودِي وَرَائِي فَاقْتُله

Artinya: “Tidak akan datang kiamat hingga kamu memerangi bangsa Yahudi, sehingga batu–yang di belakangnya ada orang Yahudi–berkata, ‘Hai orang muslim, ini ada orang Yahudi di belakangku, bunuhlah dia.'” (HR Bukhari dan Muslim)

Ulama Mesir Syaikh Yusuf Qaradhawi memasukkan dua hadits tersebut dalam Hadyul Islam Fatawi Mu’ashirah Jilid 2. Keduanya berstatus shahih sebagaimana terdapat dalam Shahih al-Jami’ush Shaghir.

Menurut hadits tersebut, pohon gharqad adalah satu-satunya pohon yang tidak akan berbicara memberitahukan keberadaan orang Yahudi. Dijelaskan dalam ‘Asyarah Yantazhiruhal ‘Aalam ‘Indal Muslimin wal Yahuud wan Nashaara karya Manshur Abdul Hakim, pohon gharqad tidak akan menunjukkan tempat persembunyian orang Yahudi karena dia adalah pohonnya orang Yahudi.

Tentang Perang Umat Islam dan Yahudi

Perang antara umat Islam dan Yahudi di akhir zaman menjadi salah satu tanda kiamat. Mengacu pada sumber sebelumnya, peperangan ini terjadi setelah Dajjal tewas di tangan Nabi Isa ‘Alaihis Salam. Pada saat itu, para pengikut Dajjal (baik Yahudi maupun lainnya) melarikan diri tercerai-berai.

Nabi Isa ‘Alaihis Salam bersama kaum mukmin memburu mereka dan membuat orang-orang Yahudi itu bersembunyi di balik pohon-pohon dan batu-batu yang mereka temukan di sana.

Allah Subhanahu wa Ta’ala membuat batu-batu dan pohon-pohon itu dapat berbicara. Mereka akan memberitahukan persembunyian orang Yahudi, kecuali pohon gharqad yang menjadi pohonnya orang Yahudi.

Tidak ada yang tahu kapan peristiwa itu akan terjadi termasuk hari kiamat itu sendiri. Sebab, hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala yang mengetahuinya sebagaimana Dia berfirman,

يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ ١٨٧

Artinya: “Mereka menanyakan kepadamu (Nabi Muhammad) tentang kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentangnya hanya ada pada Tuhanku. Tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk yang) di langit dan di bumi. Ia tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Nabi Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentangnya hanya ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS Al A’raf: 187)

Wallahu a’lam.

Astra Website Security
×