Momen Bersejarah Penggantian Kiswah Ka’bah

by | Jul 8, 2024 | Info

Upacara penggantian kiswah Ka’bah tahun ini mencatatkan momen spesial yang bersejarah. Untuk pertama kalinya, petugas wanita dari Otoritas Urusan Umum di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi diikutsertakan dalam upacara tahunan yang sakral ini. Langkah ini menjadi sorotan dan simbol kemajuan dalam melibatkan perempuan dalam kegiatan religius penting.

Menurut unggahan di platform X dari akun Inside the Haramain (@insharafain) pada Minggu, 7 Juli 2024, “Pegawai wanita Otoritas Urusan Umum di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk pertama kalinya mengikuti upacara penggantian kiswah.” Dalam unggahan tersebut, turut disertakan beberapa foto yang menunjukkan para petugas wanita ini.

Petugas wanita tersebut tampak mengenakan seragam berupa niqab dan pakaian serba hitam, dengan barisan rapi mengantarkan lembaran kain kiswah yang dihiasi ornamen kaligrafi kepada petugas lainnya. Pemandangan ini memperlihatkan keharmonisan dan keseriusan dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepada mereka.

Tradisi penggantian kiswah, atau kain penutup Ka’bah, merupakan ritual yang telah berlangsung selama berabad-abad. Upacara ini dilakukan setiap pergantian Tahun Baru Islam atau awal Muharram. Tahun ini, upacara tersebut dilaksanakan pada malam sebelum 1 Muharram 1446 H, tepatnya Sabtu, 6 Juli 2024, setelah salat Isya.

Menurut laporan dari kantor berita Arab Saudi, SPA, proses penggantian kiswah ditangani oleh 159 teknisi dan pengrajin terampil. Para teknisi ini bertugas untuk melepaskan kiswah lama dan menggantinya dengan yang baru. Proses penggantian ini melibatkan pembentangan empat sisi terpisah kiswah baru di atas kiswah lama.

Selanjutnya, kiswah baru dipasang dari atas Ka’bah dengan mengikatnya dari bawah, sementara tali kiswah lama dilonggarkan. Petugas kemudian menarik kiswah baru ke atas dan ke bawah secara perlahan hingga kiswah lama terlepas sepenuhnya. Proses ini diulang empat kali untuk tiap sisi hingga kiswah baru terpasang sempurna.

Sebelum upacara penggantian kiswah tahunan ini, telah dilakukan upacara serah terima kiswah baru pada bulan lalu. Atas nama Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, Wakil Emir Makkah dan Wakil Ketua Komite Haji Pusat Pangeran Saud bin Mishal menyerahkan kiswah baru kepada Wakil Penjaga Senior Ka’bah Abdul Malik Al-Shaibi pada 18 Juni 2024. Momen ini menandai persiapan akhir sebelum upacara penggantian kiswah yang dinanti-nantikan.

Partisipasi petugas wanita dalam upacara penggantian kiswah Ka’bah ini mencerminkan perubahan positif dan inklusivitas dalam pelaksanaan tradisi keagamaan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Keikutsertaan mereka tidak hanya menjadi momen bersejarah tetapi juga simbol kemajuan dalam pemberdayaan perempuan dalam tugas-tugas religius yang penting.

Astra Website Security
×