Penjelasan lengkap Thawaf Ifadah

by | May 15, 2023 | Info

Thawaf ifadah adalah ritual ibadah yang dilakukan saat menjalankan ibadah haji dan umrah. Thawaf ifadah dilakukan pada hari ke-10 dari bulan Dzulhijjah di Makkah setelah menunaikan wukuf di Arafah. Thawaf ifadah merupakan rukun haji yang keempat dan menjadi bagian dari pelaksanaan haji.

Thawaf ifadah dimulai dengan berdiri di hadapan Hajar Aswad kemudian membaca doa iftitah, kemudian dilanjutkan dengan melakukan tujuh putaran mengelilingi Ka’bah dengan gerakan berjalan searah jarum jam. Setelah melakukan tujuh putaran, maka selanjutnya dilanjutkan dengan melakukan dua rakaat shalat di Maqam Ibrahim.

Thawaf ifadah merupakan salah satu dari tiga jenis thawaf, yaitu thawaf qudum (thawaf ketibaan), thawaf wada (thawaf perpisahan), dan thawaf ifadah (thawaf haji). Thawaf ifadah dilakukan untuk menandakan telah menyelesaikan rukun haji keempat dan menjadi salah satu bagian dari rukun haji yang wajib dilaksanakan.

Pada saat melakukan thawaf ifadah, para jamaah haji atau umrah disarankan untuk memperbanyak zikir dan berdoa agar ibadah yang dilaksanakan diterima oleh Allah SWT. Selain itu, para jamaah juga diharapkan untuk tetap menjaga kesucian hati dan pikiran serta berusaha untuk meningkatkan kualitas ibadah selama menunaikan rukun haji.

Berikut adalah beberapa tips untuk melaksanakan Thawaf Ifadah dengan baik:

  1. Menjaga kebersihan dan kesehatan: Pastikan tubuh dan pakaian dalam keadaan bersih sebelum melakukan thawaf. Karena di Mekah suhu udara cukup panas, maka pastikan tubuh tetap terhidrasi dan makan makanan yang sehat.
  2. Menghindari kerumunan: Coba untuk melakukan thawaf pada waktu yang kurang ramai, misalnya pada tengah malam atau dini hari. Hal ini akan membantu Anda untuk menghindari kerumunan yang bisa mengganggu pelaksanaan thawaf.
  3. Memperhatikan tata cara thawaf: Ikuti tata cara thawaf yang benar dan jangan lupa untuk membaca doa yang sesuai saat melakukan thawaf.
  4. Menjaga kesabaran dan sopan santun: Karena ada banyak jamaah yang melaksanakan thawaf, maka pastikan Anda tetap sabar dan sopan dalam bertindak. Jangan menghambat orang lain yang ingin melaksanakan thawaf, serta jangan tergesa-gesa dalam melaksanakan thawaf sehingga dapat menyebabkan insiden.
  5. Menghindari makanan pedas atau berbau menyengat: Hal ini sangat penting karena makanan pedas atau berbau menyengat dapat mengganggu orang lain yang melaksanakan thawaf.
  6. Menghindari penggunaan parfum yang kuat: Penggunaan parfum yang kuat dapat mengganggu orang lain yang melaksanakan thawaf.
  7. Menjaga bantuan medis: Pastikan Anda membawa obat-obatan yang diperlukan, seperti obat alergi atau obat sakit kepala, dalam perjalanan Anda ke Mekah. Jika Anda membutuhkan bantuan medis, pastikan untuk menghubungi petugas medis di sekitar area thawaf.

 

Astra Website Security
×