Salam Merupakan Amalan Ringan yang Besar Pahalanya

by | Nov 5, 2023 | Info

Sebagai seorang muslim, sudah sepatutnya kita menyebarkan salam kepada sesama. Salam adalah amalan sunnah berpahala besar. Hukum menyebarkan salam ialah sunnah, sementara menjawabnya wajib. Salam adalah media untuk saling bertegur sapa dan menghilangkan prasangka buruk. Kepada sesama muslim, kita dianjurkan untuk mengucapkan salam. Ucapan salam yang lengkap berbunyi “Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh”, sedangkan pendeknya cukup mengucapkan “Assalamualaikum.”

Ucapan salam memiliki pengertian doa dan harapan. Terlebih, As-Salam termasuk ke dalam salah satu dari banyaknya nama Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Hadits tentang Menyebarkan Salam

Dijelaskan dalam buku Syarah Hisnul Muslim oleh Syaikh Majdi Abdul Wahab Al-Ahmad, ada sebuah hadits yang menganjurkan kaum muslimin untuk menyebarkan salam. Dari Abu Hurairah, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Kalian tidak akan masuk surga sebelum beriman, dan kalian tidaklah beriman sebelum saling menyayangi. Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang kalau kalian kerjakan niscaya kalian akan saling sayang menyayangi? Yaitu sebar luaskan salam di antara kalian.” (HR Muslim)

Dalam hadits lainnya dengan redaksi yang berbeda, dari Abdullah bin Salam, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Wahai manusia tebarkan salam di antara kalian, berilah makan, sambunglah tali silaturahmi, dan sholatlah ketika manusia tidur malam, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad)

Keutamaan Menyebarkan Salam

  1. Masuk Surga

Menyebarkan salam kepada sesama muslim mengandung sejumlah keutamaan, salah satunya mengantarkan seseorang masuk surga dengan selamat.

Dalam sebuah hadits yang diambil dari buku Tanya & Jawab Bersama Nabi: Kitab Ihsan karya Lingkar Kalam disebutkan bahwa:

“Abdullah bin Amr berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Sembahlah Allah Yang Maha Pengasih, berikanlah makan, sebarkanlah salam, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR At-Tirmidzi)”

  1. Mendapat Keselamatan, Rahmat, dan Keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala

Selanjutnya, keutamaan lain yang terkandung dari mengucapkan salam adalah mendapat keselamatan, rahmat, dan keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Pada dasarnya salam adalah sebuah doa.

Dengan demikian, apabila salam diucapkan kepada seseorang dan mendapat balasannya, maka di situ kedua belah pihak sama-sama saling mendoakan keselamatan, rahmat dan keberkahan.

  1. Di Hari Kiamat akan Mendapat Pahala dan Penghormatan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala

Dengan menyebarkan salam niscaya seorang muslim memperoleh pahala yang banyak serta mendapat penghormatan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala kelak di hari kiamat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

تَحِيَّتُهُمْ يَوْمَ يَلْقَوْنَهٗ سَلٰمٌ ۚوَاَعَدَّ لَهُمْ اَجْرًا كَرِيْمًا

Artinya: “Ucapan penghormatan (Allah kepada) mereka (orang-orang mukmin itu) pada hari ketika mereka menemui-Nya ialah, “Salam,” dan Dia siapkan untuk mereka pahala yang mulia.” (QS Al Ahzab: 44)

Astra Website Security
×