Tempat Wisata Religi Di Sekitar Makkah Yang Wajib Dikunjungi

by | May 1, 2023 | Info

Makkah, sebagai kota suci bagi umat Islam, tentunya memiliki banyak tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata religi di sekitar Makkah yang patut Anda kunjungi:

 

Masjidil Haram

Masjidil Haram adalah tempat yang paling penting dan utama bagi para jamaah haji dan umrah. Masjid ini merupakan tempat suci bagi umat Islam dan menjadi tujuan utama mereka ketika berada di Makkah. Selain itu, Masjidil Haram juga menjadi tempat yang penuh dengan sejarah dan keindahan arsitektur.

 

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah bukit yang terletak di Arafat, sekitar 20 km dari Masjidil Haram. Tempat ini menjadi tempat penting selama pelaksanaan ibadah haji dan umrah, karena di sinilah Nabi Adam AS dan istrinya, Hawa, bertemu kembali setelah dipisahkan selama 200 tahun. Jabal Rahmah juga dianggap sebagai tempat di mana para nabi berada pada saat melakukan ibadah haji.

 

Masjid Taneem

Masjid Taneem terletak di luar Makkah, dan menjadi tempat miqat bagi para jamaah haji dan umrah yang datang dari selatan Arab Saudi. Miqat adalah tempat di mana jamaah harus melakukan ihram (berpakaian khusus) sebelum memasuki Makkah untuk melakukan ibadah haji dan umrah.

 

Masjid Jin

Masjid Jin terletak di dekat kota Makkah, dan merupakan tempat di mana Nabi Muhammad SAW bertemu dengan makhluk gaib yang disebut Jin. Menurut sejarah, Jin mendatangi Nabi Muhammad SAW dan meminta agar mereka diberi hidayah.

 

Gua Hira

Gua Hira terletak di pegunungan di luar Makkah, dan menjadi tempat di mana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT. Gua ini dapat dicapai dengan mendaki bukit dan menelusuri jalur yang curam, dan ketika sampai di puncak, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah yang disajikan oleh Makkah.

 

Masjid Al-Qiblatain

Masjid Al-Qiblatain terletak di kota Madinah, sekitar 420 km dari Makkah. Masjid ini menjadi penting karena di sini Nabi Muhammad SAW menerima perintah untuk mengubah arah kiblat dari Masjid Al-Aqsa di Jerusalem ke Ka’bah di Makkah.

 

Masjid Quba

Masjid Quba terletak di dekat kota Madinah, sekitar 450 km dari Makkah. Masjid ini menjadi penting karena menjadi tempat di mana Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya beristirahat dan shalat pada perjalanan mereka dari Makkah ke Madinah. Masjid ini juga merupakan masjid pertama yang dibangun di era Islam.

 

Itulah beberapa tempat wisata religi yang dapat Anda kunjungi di sekitar Makkah selama melakukan ibadah haji atau umrah. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi Anda yang ingin mengunjungi Makkah.

Astra Website Security
×