Hikmah Menutup Aurat

by | Feb 4, 2024 | Info

Selain sebagai ketaatan terhadap perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala, menutup aurat juga memiliki banyak hikmah yang dijelaskan dalam buku “Permata Hikmah Rasulullah” karya Anisah Idrus. Berikut adalah beberapa kebijaksanaan dalam menutup aurat:

Menghindari Diri dari Dosa karena Tidak Menutup Aurat

Salah satu faktor yang banyak menjerumuskan wanita masuk ke neraka yaitu karena ia tidak menutup auratnya selama hidup. Oleh karena itu, lebih baik menutup aurat daripada memamerkannya.

Mencegah Hawa Nafsu dari Lawan Jenis ataupun Sesama

Mengenakan pakaian dengan aurat yang terbuka akan mengundang nafsu bagi orang yang melihatnya. Dengan menutup aurat, diharapkan mereka bisa menahan nafsunya dan tidak akan mengganggu wanita tersebut.

Menghindari Fitnah

Wanita yang senang mengumbar auratnya akan dianggap sebagai wanita penggoda atau murahan. Maka dari itu, hendaklah setiap wanita mengharamkan diri memakai pakaian minim yang memperlihatkan bagian tubuh sehingga mengundang fitnah.

Terlindung dari Kejahatan

Wanita yang tidak menutup auratnya akan berpotensi menjadi korban kejahatan. Hal ini berbanding terbalik dengan wanita yang selalu menutup auratnya.

Terlindung dari Polusi

Menutup aurat memiliki manfaat yang baik bagi fisik, yaitu melindungi kulit dari polusi. Mengenakan pakaian yang menutup aurat akan menjadikan wanita tidak merasa kepanasan ketika matahari bersinar terik dan tidak akan merasa kedinginan ketika suhu dingin melanda.

Mengangkat Martabat

Menutup aurat merupakan identitas untuk menunjukkan bahwa seseorang merupakan insan yang baik. Apalagi jika ia berperilaku baik dan sopan, orang-orang di sekitarnya pun juga akan menghormatinya.

Astra Website Security
×