Surat Pembuka Rezeki, Yuk Baca Setiap Hari

by | Feb 8, 2024 | Info

Dalam Al-Qur’an, terdapat setidaknya tujuh surat pembuka rezeki yang dapat dibaca oleh umat Muslim. Surat-surat ini bermanfaat untuk memudahkan setiap pembaca dalam mencari rezeki. Apa saja surat tersebut?

  1. Surat Al Fatihah

Dikutip dari buku Agar Rezekimu Tak Seret oleh Rizem Aizid, surat pembuka rezeki yang pertama adalah surat Al Fatihah. Barang siapa yang membaca surah pertama dalam Al-Qur’an tersebut maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan membukakan pintu rezeki dan mengatasi berbagai kesusahannya.

  1. Surat Al Ikhlas

Surat pembuka rezeki yang kedua dalam Al-Qur’an adalah surah Al-Ikhlas. Surat ini memiliki banyak keutamaan apabila dibaca oleh seorang muslim.

Salah satu keutamaannya adalah pahala membaca surat Al Ikhlas sama dengan membaca Al-Qur’an sebanyak 10 juz. Jika dibaca sebanyak tiga kali, maka pahalanya setara dengan membaca Al-Qur’an 30 juz.

Selain itu, surat Al Ikhlas juga memiliki keutamaan untuk dibukakan pintu rezeki dan menjauhkan dari kekurangan. Keutamaan ini didapatkan apabila seseorang mau membaca Al Ikhlas sebanyak 1000 kali setiap hari.

  1. Surat Al Waqiah

Nasrudin, Husnu Akib, dan QultumMedia dalam buku yang berjudul Amalan-Amalan Pembuka Pintu Rezeki menjelaskan bahwa surat pembuka pintu rezeki selanjutnya adalah surat Al Waqiah.

Surat Al Waqiah memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah menghindarkan seseorang dari kemelaratan. Diriwayatkan dari Abdulah bin Mas’ud, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا .

“Barangsiapa membaca Surat Al-Waqi’ah tiap malam maka ia tidak akan tertimpa kefakiran (kemelaratan) selamanya.” (HR. Imam Baihaqi)

  1. Surat Al Mulk

Barang siapa membaca dan memahami serta mengamalkan surat Al Mulk, maka dirinya termasuk orang-orang yang bertawakal. Sedangkan Allah Subhanahu wa Ta’ala menjamin akan memenuhi semua kebutuhan orang-orang yang bertawakal.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam surah Ath Thalaq ayat 3 yang berbunyi,

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا ٣

Artinya: dan menganugrahkan kepadanya rezeki dari arah yang tidak dia duga. Siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allahlah yang memutuskan urusanya-Nya. Sungguh, Allah telah membuat ketentuan bagi setiap sesuatu.

  1. Surat Al Muzzammil

Surat Al Muzzammil merupakan surat yang ke-73 dalam Al-Qur’an. Secara keseluruhan, surat ini mengandung sebanyak 20 ayat. Nama surat ini dapat diartikan sebagai “Orang yang berselimut”.

Salah satu manfaat surat Al Muzzammil adalah dapat memudahkan semua urusan dunia dan urusan akhirat seseorang, termasuk sebagai pembuka pintu rezeki.

  1. Surat Al Lail

Surat pembuka pintu rezeki yang keenam adalah surat Al Lail. Dalam surat tersebut diterangkan bahwa orang yang bertakwa akan dimudahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala mengerjakan perbuatan-perbuatan takwa sehingga memperoleh kebahagiaan.

Artinya, dengan membaca surat Al Lail maka seseorang tersebut akan tergolong sebagai orang yang bertakwa dan akan memperoleh kebahagiaan, termasuk dalam urusan rezeki.

  1. Surat Al Insyirah

Surat Al Insyirah merupakan surat yang ke-94 dalam Al-Qur’an. Nama lain surat ini adalah Asy-Syarh atau Alam Nasyrah.

Surat Al Insyirah terkenal juga sebagai surat yang memiliki manfaat untuk membuka rezeki dan mempermudah urusan.

Astra Website Security
×